• Posted by : Unknown Sabtu, 09 Januari 2016

    tulisan melengkung sering kita jumpai dalam beberapa logo dan desain-desain bergaya typhografi (seni tulisan), tapi tak usah bingung atau heran bagaimana cara melengkungkannya. tutorial kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara membuat teks melengkung menggunakan fith teks to path.
    langsung menuju stepnya saja.
    1. buatlah tulisan dengan menggunaka teks tool (F8) seperti gambar berikut

      2. buatlah sebuah object sebagai patokan kelengkungan, anda dapat menggunakan lingkaran, segitiga/poligon, atau bidang datar lain selain garis. pada tutorial ini saya menggunakan lingkaran (lengkung). jadi buatlah lingkaran dengan elips tool (F7).

    3. Selanjutnya lakukan seleksi pada teks dan lingkaran dengan cara : Klik 'teks' yang telah anda buat >> tekan tombol 'Shift' (tahan) lalu klik object 'lingkaran' (pada proses ini pastikan teks terseleksi atau di klik terlebih dahulu sebelum objek yang di jadikan patokan [lingkaran])
     4. stelah teks dan lingkaran telah terseleksi atau terpilih, step selantjutnya adalah klik menu 'Text' pada menu bar >> pilih 'Fith Text To Patch'. maka tulisan akan mengikuti lengkung dar lingkaran.

    5. Aturlah posisi teks sesuai keinginan anda dengan menarik titik merah yang ada di sudut kiri bawah teks. perhatikan gambar di bawah ini.
    A = tools untuk membuat teks berbalik secara vertikal ataupun horisontal (miror teks)

    6. jika di rasa posisi teks sudah sesuai dengan keinginan, hapus lah lingkaran yang di jadikan patokan dengan cara seleksi lingkaran (pastikan yang terpilih atau terseleksi  adalah lingkaran, perhatikan gambar) lalu hapus menggunakan tombol Delete.


    Tips:
    1.sebelum anda mengklik  fith text to path pastikan teks yang ingin anda lengkungkan benar dan tidak kurang satu huruf pun. karena jika teks sudah melengkung kemudian anda tambahkan huruf, teks anda kan berantakan dan tidak beraturan lagi.
    2. sebaiknya, jenis huruf dan ukuran huruf sudah di atur terlebih dahulu sebelum teks melengkung. agar tidak terjadi perubahan lengkungan teks.
    3. cobalah dengan objek lain selain lingkaran.
    4. klik terlebih dahulu teks yang ingin di lengkungkan sebelum objek yang jadi patokan.

    sekian tutor dan tips dari kami, selamat mecoba dan semoga bermanfaat .
    salam GBD ;-)

    { 2 komentar... read them below or Comment }

  • Copyright © - G Blood Design - G Blood Design - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan